Dunia tidak berhenti berkelana, sebab manusia sebagai penunggangnya tak berhenti mencari. Jadi, apa yang kamu cari?

Kamis, 27 Februari 2014

Pak Manta

Kamis, 27 Februari 2014 12.35 , 1 comment
Ceritanya tadi gue maghriban di masjid At Taibin belakang kantor. Abis sholat gue mau makan, biasa beli nasi uduk bungkus depan masjid gitu. Pas itu lagi beli, gue liat di pelataran masjid ada bapak-bapak bawa karung gede, pakaiannya agak kumal. Akhirnya yaudah sekalian deh gue beliin bapak itu, terus gue ajak makan bareng.

Dari situ kita ngobrol. Namanya pak Manta (kalo gak salah, hehek), rumahnya daerah Cilincing, Priok. Sehari-harinya pak Manta keliling, jualan sendal jepit. Iya, yang tadi dibawanya sekarung gede itu. Pak Manta gak milih buat buka lapak dan nggelar dagangan karena kalo gitu pasti bakal banyak cepekan buat preman. Gak sebanding sama laba jualan sandal jepit. Tapi biar begitu, pak Manta juga suka ngasih lo, kalo ada orang yang minta-minta di jalan. :)

Pak Manta asli orang Betawi, istrinya orang Banten. Beliau punya 3 orang anak. Yang sulung (cewek, SMA) sama yang kedua (cowok, SMP) sekarang lagi mondok di pesantren 'Ummul Quro' di Bogor. Pas gue tanya apa itu keinginan mereka sendiri buat mondok, kata pak Manta kalau si sulung iya, emang dia minta sendiri. 

Nah tapi kalo buat putranya yang nomer dua tadi, itu pak Manta yang inisiatif mondokin. Kata pak Manta, "ngeri mas, Jakarta banyak anak tawuran." Iya juga sih. Bener juga ya, gue pikir. Punya anak di Jakarta, kalo gak dijaga bener-bener, bisa susah.

Untuk mondokin anaknya, pak Manta mesti ngerogoh kocek sekitar 800 ribu tiap bulan, itu udah keitung SPP sama buat makan. Tapi pak Manta dapat potongan 100 ribu setelah cerita tentang kondisi ekonominya ke pengasuh pondok.

Pak Manta juga cerita kalo anaknya yang pertama pengen kuliah nantinya. Pakek biaya sendiri, nanti kerja dulu baru duitnya buat bayar kuliah, katanya. Tapi sebenernya pak Manta sendiri udah siap ngejual rumah, kalo anaknya pengen kuliah.

"Biar saya aja yang bodo mas, yang penting anak saya jangan. Sakit Mas jadi orang bodo. Diremehin, gak dianggep sama orang," kata pak Manta. Hihi, dalem hati gue bilang, yang penting Bapak orang baik, Pak. Di negeri ini gak kurang-kurang orang yang pinter tapi bajingan.

Kalau anak pak Manta yang bontot sih masih SD. Tapi dia yang ngajarin pak Manta ngaji. Hihihi. :D

Ngobrol sama pak Manta itu enak. Kerasa deh, kalo kita ngobrol sama orang baik itu. Karena gue juga beberapa kali ngobrol sama masyarakat menengah ke bawah, dan yang gue liat, gak semua orang, seandainya suatu ketika mereka jadi orang kaya, mereka akan bisa menggunakan itu dengan benar. Ah, jadi nyesel tadi gak nganter pak Manta pulang sekalian biar tau rumahnya.

Tapi Alhamdulillah ya, anak pak Manta pun (insya Allah) pada lurus jugak. Coba kalo anaknya kesrakat, kelakuannya neko-neko, padahal orang tuanya (almost literally) banting tulang cari nafkah. Pasti makan ati banget itu orang tua. Semoga Allah memberi berkah dan penjagaan buat pak Manta sekeluarga. Amiin. :)

1 komentar:

  1. thuoc moc toc tot nhat hien naySử dụng nhiều hơn hoặc thường xuyên hơn sẽ không cải thiện kết quả
    thuoc moc toc minoxidilKhi tóc bắt đầu mọc lại, bạn nên tiếp tục sử dụng sản phẩm để tăng cường và giữ cho tóc của bạn mọc lại như trước. Tránh trường hợp bị rụng lại
    thuoc dieu tri rung toc va moc tocCó hiệu quả nhất ở vùng đỉnh đầu và đường kính mất tóc dưới 10cm. Minoxidil ít tác dụng với mất tóc ở vùng trán.
    thuốc mọc tóc minoxidil 2Thuốc nên được bôi hoặc xịt tại chỗ 2 lần/ngày trên nền da khô và phải được dùng liên tục trong nhiều tháng vì khi ngừng thuốc đột ngột, số lượng tóc mới mọc sẽ giảm nhanh chóng.
    thuốc mọc tóc minoxidil 5 kirklandSố lượng tóc mọc lại là khác nhau cho mỗi người. Sản phẩm này sẽ không làm việc cho tất cả mọi người.
    giá thuốc thuốc mọc tóc minoxidilSố lượng tóc rụng của bạn là khác nhau hơn so với hiển thị trên bên thùng này hoặc rụng tóc của bạn là trên mặt trước của da đầu.
    thuốc mọc tóc minoxidil 5Da đầu của bạn là màu đỏ, viêm, nhiễm bệnh, bị kích thích, hoặc đau đớn, bạn sử dụng các loại thuốc khác trên da đầu
    ivory caps
    ivory caps pills
    ivory cap
    vien uong ivory caps

    BalasHapus