Dunia tidak berhenti berkelana, sebab manusia sebagai penunggangnya tak berhenti mencari. Jadi, apa yang kamu cari?

Rabu, 23 Oktober 2013

Kanan dan Kiri

Rabu, 23 Oktober 2013 21.49 No comments
pic: liputan6.com


“Dunia ini tidak lebih dari sintesis canda antara beragam tesis dan antitesis. Saling meniadakan, saling meleburkan, saling menggantikan, dan saling menyeimbangkan,” ucapku, dengan ketegaran yang nampak jelas dibuat-buat.

“Apa menurutmu tidak ada kesempatan bagi kita untuk bersintesis? Kita saja. Tanpa kolega-kolega politik kita,” katamu yang mulai terisak.

Aku diam, memandangi roda-roda empat tergelincir di atas es. Barisan kunang-kunang berwarna kuning dan merah. Melaju dalam dua lajur yang berseteru. Aku menghela nafas.

“Mengapa orang-orang itu harus menggulingkan para aristokrat dan menarik keluar jabang bayi kapitalisme?” kamu menggumam sepi.

“Untuk alasan yang sama Marx harus angkat bicara tentang ketimpangan yang teramat curam antara kelas pekerja dan para pemilik modal,” kataku sedingin butiran salju yang merintik, jauh lebih beku.

“Kumohon,” dan sejurus aku melihat ada lelehan es yang keluar dari sudut matamu. Aku bergeming.

“Kita sadar ingin bersama. Tapi tak bisa apa-apa. Cinta memang banyak bentuknya. Mungkin tak semua bisa bersatu,” ujarku, sedikit linglung.

“Kamu tahu, aku bersyukur Tuhan menciptakan kanan dan kiri, untuk tangan dan kaki. Tapi tidak untuk kanan dan kiri di politik dungu ini. Sudahlah, aku lelah.”

Dan sejurus kamu berbalik dengan mata yang hampa dan jiwa yang gontai, menyusuri tepian bulevar yang berlapis salju musim dingin itu. Kamu tidak tahu. Esok pagi-pagi sekali, nyawa jenderal komunis keparat itu, ayahmu, harus pupus di tangan kanan kami. Tangan kanan keadilan, kapitalisme anti totalitarian.

“Aku sang sepatu kanan. Kamu sang sepatu kiri. Ku senang bila diajak berlari kencang. Tapi aku takut kamu kelelahan. Kita adalah sepasang sepatu. Selalu bersama tak bisa bersatu. Kita mati bagai tak berjiwa. Bergerak karena kaki manusia."


 *special credit to: Tulus Band - Sepatu (single)

0 Chirping sounds:

Posting Komentar