Dunia tidak berhenti berkelana, sebab manusia sebagai penunggangnya tak berhenti mencari. Jadi, apa yang kamu cari?

Sabtu, 26 Juli 2008

Mendeteksi Virus Pada FD

Sabtu, 26 Juli 2008 13.39 No comments
Mendeteksi Virus pada FD

Photobucket


Jika Anda termasuk salah seorang computer-mate, Anda mungkin termasuk seseorang yang cukup sering “berkelana” pada berbagai macam komputer misalnya saja, ya, warnet, komputer sekolah, kantor, ataupun perpustakaan dan Anda menyimpan data yang Anda peroleh pada flashdisk (FD) yang Anda miliki. Nah, jika memang begitu, maka inilah saatnya Anda “siaga satu”. Karena, Anda tentunya sudah paham bahwa FD Anda berisiko “terjangkit” virus komputer.

Yah, mungkin Anda sudah tidak mengkhawatirkan mengenai masalah itu karena mungkin Anda sudah memiliki cara untuk mengantisipasi masalah itu , misalnya dengan men-scan FD Anda dengan antivirus sebelum dibuka. Namun, Anda juga harus paham bahwa virus semakin “dimutasi” oleh creator virus tersebut sehingga mungkin suatu saat antivirus Anda yang sekarang tidak mampu lagi “membantai” virus sejenis.

Sebagai satu bentuk masukan saja, mungkin Anda bisa mencoba sekelumit tips berikut mengenai tutorial yang mungkin dapat berguna.

-Saat Anda baru saja mem-plug in FD Anda ke PC Anda, klik shift terus menerus hingga FD Anda terdeteksi. Fungsinya, untuk menonaktifkan feature autorun yang banya kdisalahgunakan oleh virus-virus local. Jika muncul dialog box sticky keys, klik cancel.


-Aktifkan program run yang biasanya kita temui di start menu. Ketikkan cmd pada jendela run kemudian klik OK. Dan, iak, muncullah program command prompt.

Pada jendela command prompt tersebut, ketikkan perintah dir nama drive /A:hs misalnya ketik dir F:\ /A:hs. Jika FD Anda ‘bersih’, akan muncul file not found. Jika muncul jajaran nama-nama file berekstensi .inf, .exe, .cmd, dan lain-lain, maka selamat!!! karena FD Anda terinfeksi virus.

-Langkah berikutnya, untuk mencabut atribut pada semua file, ketikkan perintah attrib –H –S nama drive*.* . Sebagai contoh, attrib –H –S F:\*.* .

Iaak, saatnya pembantaian. Hapus file –file tersebut dengan cara mengetik perintah del nama drive *.ekstensi file. Misalnya, del F:\ *.inf. Namun, perintah ini akan memberangus semua file berekstensi seperti apa yang kita ketikkan. Jika ada file sejenis yang bukan virus, Anda hanya perlu mengetik nama filenya secara langsung. Misalnya del F:\ autoexec.bat.

Jika sudah, maka Insya Allah FD Anda telah suci dari virus. Yah, meskipun mungkin agak merepotkan karena harus membuat Anda senam jari dan memang perintah yang diketikkan harus benar-benar teliti dan sesuai agar dieksekusi secara normal seperti apa yang kita inginkan. Terima Kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.






0 Chirping sounds:

Posting Komentar